Senin, 10 November 2008

PASUKAN TNI MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERKAIT MENINGKATNYA GANGGUAN KEAMANAN DI WILAYAH TIMUR KONGO

Kontingen Garuda XX-F yang saat ini bertugas di Negara Republik Demokrasi Kongo meningkatkan kewaspadaan terkait situasi keamanan yang kurang kondusif di wilayah Timur Kongo, khususnya di Kota Goma, Ibukota Provinsi North Kivu. Seperti diketahui, sejak seminggu terakhir situasi kota Goma mencekam setelah pasukan pemberontak pimpinan Jenderal Laurent Nkunda menyerang dan menduduki wilayah Rutshuru yang merupakan pintu gerbang menuju Goma dari arah Utara.

Setelah sebelumnya masyarakat Kota Goma memprotes kehadiran pasukan PBB yang dianggap gagal memberikan jaminan kemanan bagi masyarakat sipil, pasukan pemerintah (FARDC) dibantu oleh Mai-Mai (kelompok milisi lokal) berusaha merebut kembali wilayah Rutshuru dari tangan pemberontak. Namun hingga saat ini upaya tersebut masih belum membuahkan hasil.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon beberapa waktu lalu telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan kemungkinan penambahan 3.000 pasukan penjaga perdamaian di Kongo. Permintaan penambahan pasukan tersebut meliputi 2 Batalyon Infanteri, 2 Kompi Pasukan Khusus, 18 Helikopter dan 2 buah pesawat Herkules. Rencananya sebagian besar pasukan tambahan tersebut akan ditempatkan di Goma guna mengamankan kota penting pusat perdagangan dan bisnis di wilayah Timur Kongo itu.

Untuk mengantisipasi keadaan yang kurang kondusif tersebut, Kontingen Garuda XX-F sejumlah 175 orang yang tersebar di 3 wilayah berbeda (Dungu, Bunia dan Beni) semakin meningkatkan kewaspadaannya dengan mengadakan simulasi latihan terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Disamping tugas utamanya untuk memberikan bantuan Zeni kepada Monuc (Misi PBB di Kongo), pasukan TNI tetap mengutamakan faktor keamanan dengan tetap berpegang kepada MOU (Memorandum of Understanding), SOP (Standard Operating Procedure) dan ROE (Rule of Engagement) yang telah ditetapkan PBB.

Saat ini, Kontingen Garuda XX-F dibawah pimpinan Mayor Czi Sugeng Haryadi Yogopranowo tengah melaksanakan pekerjaan pembuatan Bandara Dungu, perbaikan Bandara Mavivi di Beni dan pekerjaan pembuatan Lapangan Tembak bagi FARDC (Tentara Nasional Negara Republik Demokrasi Kongo) di wilayah Nyaleke. Kesemua wilayah tugas Kontingen Garuda tersebut berada di kawasan Timur Kongo yang dilanda konflik berkepanjangan. Beberapa kali pekerjaan terpaksa dihentikan karena adanya kontak senjata antara pasukan pemberontak dengan FARDC, khususnya di wilayah Dungu yang merupakan wilayah perbatasan Kongo dengan Negara Sudan .

Untuk melaksanakan tugas-tugas Zeni tersebut, Kontingen Garuda XX-F/Monuc dibekali dengan alat-alat berat meliputi excavator, dozer, crane, grader, loader, walles, dump truck, fork lift dan alat berat lainnya. Kontingen Garuda XX-F merupakan kontingen keenam yang dikirim ke Negara Kongo sejak misi Monuc dimulai tahun 2003 sebagai upaya PBB untuk menghentikan konflik di negara yang kaya akan sumber daya alam itu. (Pa Pen Konga XX-F/MONUC/Dispenad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Antara (13) Anti Teror (20) Asia (27) Berita (48) Eropa (5) Feature (10) Indonesia (55) Industri Pertahanan (47) Intelijen (9) Kerja Sama (91) Konflik (42) Latihan Perang (48) Luar Negeri (43) Militer (101) Pameran Teknologi (30) PBB (44) Perang (4) Pertahanan (155) Polisi (5) Politik (62) Serah Terima Jabatan (1) Teknologi (91) Timur Tengah (6) TNI (105) TNI-AD (46) TNI-AL (140) TNI-AU (83) tnial (3) Today's Pic (7) US Army (2) War (2)
Diberdayakan oleh Blogger.
Defender Magazine