Minggu, 07 Desember 2008

TNI AL Siap Amankan Kedatangan Presiden ke Manokwari


MANOKWARI, JUMAT — Rencana kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk merayakan Natal bersama masyarakat Manokwari Provinsi Papua Barat menjadi isu bergulir di kalangan pejabat dan masyarakat. Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan berbagai proyek fisik di Manokwari.

Kegiatan dipusatkan di Pulau Mansinam yang merupakan pulau suci bagi warga setempat karena menjadi tanah pertama di Papua yang menjadi tempat mendarat penginjil Ottow dan Geisler pada 5 Februari 1855. Markas Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan TNI AL Manokwari (Fasharkan) siap mengerahkan KRI dan patroli lautnya untuk mendukung situasi keamanan selama Presiden berkunjung di ibu kota provinsi ini.

Kepala Fasharkan Kolonel (T) Tri Sunu Prasetyo Prijono, Jumat (5/12), mengatakan, TNI AL tetap terlibat untuk pengamanan terutama di laut. "Kami siap siaga menyiapkan KRI," ujarnya seusai memimpin upacara peringatan hari jadi TNI AL ke-63.

Ia mengatakan, jumlah KRI yang disiagakan cukup satu kapal, tetapi dengan jenis yang berukuran besar. Tri Sunu mengatakan, Fasharkan juga mengerahkan kapal-kapal patroli cepat untuk bersiaga.

Mantan Asisten Logistik Gugus Keamanan Laut TNI AL Wilayah Timur Biak ini mengatakan, penyiagaan kapal selain untuk menjamin keamanan Presiden, juga untuk menjamin keselamatan selama aktivitas di laut. "Jika ada orang yang terjatuh di laut saat menyambut presiden, anggota kami di laut bisa cepat menolong," ungkapnya.

Isu kedatangan pertama Presiden ke Manokwari ini sudah bergulir sejak setahun lalu. Menjelang Natal ini, kabar rencana kedatangan Presiden untuk merayakan Natal bersama warga Manokwari semakin santer.

Menyambut kedatangan Presiden ini, kondisi Manokwari cukup aman meski pada hari jadi Papua, 1 Desember, terjadi pengibaran bendera bintang kejora (bendera gerakan separatis Papua Merdeka) di Kwawi dan pelepasan balon yang membawa bendera bintang kejora yang pelaksanaannya luput dari pantauan aparat.(sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Antara (13) Anti Teror (20) Asia (27) Berita (48) Eropa (5) Feature (10) Indonesia (55) Industri Pertahanan (47) Intelijen (9) Kerja Sama (91) Konflik (42) Latihan Perang (48) Luar Negeri (43) Militer (101) Pameran Teknologi (30) PBB (44) Perang (4) Pertahanan (155) Polisi (5) Politik (62) Serah Terima Jabatan (1) Teknologi (91) Timur Tengah (6) TNI (105) TNI-AD (46) TNI-AL (140) TNI-AU (83) tnial (3) Today's Pic (7) US Army (2) War (2)
Diberdayakan oleh Blogger.
Defender Magazine