Senin, 20 Oktober 2008

Baret Baru Untuk Paspampres



JAKARTA, TRIBUN - Bersamaan dengan empat tahun pemerintahan yang mengumandangkan perubahan, Pasukan Pengamanan Presiden tampil dengan wajah baru. Sejak beberapa hari terakhir, anggota Paspampres berpakaian dinas yang bertugas di Istana Kepresidenan, Jakarta, mengenakan baret baru berwarna biru muda.

Baret baru warna biru muda itu terlihat kontras dengan pakaian dinas yang berwarna hijau tua. "Baru beberapa hari ini baret ini dipakai," ujar seorang anggota Paspampres di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/10).


Baret itu dikenakan ketika seorang tentara masuk dalam satuan Paspampres. Baret lama asal kesatuan masing-masing ditanggalkan. Ketika anggota Paspampres kembali ke kesatuannya, baret asal kesatuan akan kembali dikenakan.

Dalam lingkungan TNI, warna telah mengindikasikan kesatuan masing-masing dan menjadi kebanggaan masing-masing tentara. Baret merah milik Kopassus, baret hijau milik Kostrad, baret jingga milik Marinir, baret oranye milik milik Pakhas, baret hitam milik Kaveleri.

Soal pilihan warna biru muda, anggota Paspampres itu tidak bisa menjawab alasan dasarnya. "Ini sama dengan warna baret tentara PBB," ujarnya.

Dalam politik, warna juga telah menjadi identitas. Merah dikenal untuk PDI-P dan PDP, hijau untuk PPP dan PKB, biru untuk PAN dan Demokrat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Antara (13) Anti Teror (20) Asia (27) Berita (48) Eropa (5) Feature (10) Indonesia (55) Industri Pertahanan (47) Intelijen (9) Kerja Sama (91) Konflik (42) Latihan Perang (48) Luar Negeri (43) Militer (101) Pameran Teknologi (30) PBB (44) Perang (4) Pertahanan (155) Polisi (5) Politik (62) Serah Terima Jabatan (1) Teknologi (91) Timur Tengah (6) TNI (105) TNI-AD (46) TNI-AL (140) TNI-AU (83) tnial (3) Today's Pic (7) US Army (2) War (2)
Diberdayakan oleh Blogger.
Defender Magazine