Minggu, 19 Oktober 2008

PM Thailand: Sengketa dengan Kamboja Bisa Tuntas Lewat Pembicaraan

Bangkok, (ANTARA News) - Perdana Menteri Thailand Somchai Wongsawat, Sabtu, mengatakan ia yakin perundingan dengan pemerintah Kamboja untuk menyelesaikan sengketa perbatasan bisa dilakukan dan tak perlu meminta bantuan ASEAN untuk menjadi penengah.

Somchai mengatakan Thailand dan Kamboja memiliki gagasan yang sama yaitu perbedaan dapat diselesaikan melalui perundingan karena kedua negara itu bertetangga.


Hal itu dia kemukakan saat mengunjungi tentara yang cedera dalam baku-tembak dengan tentara Kamboja, Rabu, di sekitar daerah sengketa di dekat kuil Preah Vihear, di provinsi Si Sa Ket, bagian timur-laut Thailand.

Perundingan direncanakan diselenggarakan segera, kata Somchai.

Pejabat senior militer Thailand Letnan Jenderal Wibulsak Neepal dijadwalkan memimpin delegasi Thailand ke pembicaraan bilateral di provinsi Siem Reap, Kamboja, Rabu dan Kamis pekan depan.

Somchai mengatakan Thailand tak pernah melewati batas wilayah negara lain dan kedua negara sepakat untuk mengadakan pembicaraan dengan mekanisme yang telah disepakati guna menyelesaikan percekcokan perbatasan.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Antara (13) Anti Teror (20) Asia (27) Berita (48) Eropa (5) Feature (10) Indonesia (55) Industri Pertahanan (47) Intelijen (9) Kerja Sama (91) Konflik (42) Latihan Perang (48) Luar Negeri (43) Militer (101) Pameran Teknologi (30) PBB (44) Perang (4) Pertahanan (155) Polisi (5) Politik (62) Serah Terima Jabatan (1) Teknologi (91) Timur Tengah (6) TNI (105) TNI-AD (46) TNI-AL (140) TNI-AU (83) tnial (3) Today's Pic (7) US Army (2) War (2)
Diberdayakan oleh Blogger.
Defender Magazine