Senin, 15 Desember 2008

KERJASAMA NEGARA SEKAWASAN CEGAH KONFLIK

Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, SH ketika menyampaikan materi keynote speech pada acara Seminar Keamanan Maritim di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Jakarta, Kamis (11/12).

Menurut Kasal, kondisi saat dimana kejahatan di laut semakin meningkat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, Angkatan Laut Regional Asia telah menunjukkan keinginan untuk membangun keamanan maritim bersama dengan model Asia, yaitu suatu pola yang dibangun dengan berdasarkan rasa saling percaya atau Confidence Building Measure (CBM) dan tanpa ada persetujuan akttivitas militer, sebagaimana telah dibangun di kawasan Asia Pasifik.
”Konsep tersebut menjadi pilihan di banyak negara sekawasan, karena didasarkan pada asumsi bahwa keamana unilateral tidak akan bertahan lama dan semakin disadari
bahwa kepentingan dari keamanan berasama adalah untuk mereduksi serta meredam
peningkatan kompetisi antar kepentingan dari masing-masing negara”, kata Kasal.

Seminar Keamana Maritim dengan tema “Meningkatkan Pengamanan Bersama Di Wilayah Perbatasan Laut Asia Tenggara Dalam Rangka Membangun Keamanan Maritim Yang Komprehensif tersebut, menghadirkan empat orang pembicara yakni Laksamana Muda TNI (Purn) Robert Mangindaan, DR. Edi Prasetyono, DR. Kusnanto Anggoro dan Melda Karim, SH, LLM.

Sedangkan peserta yang mengikuti seminar tersebut sebanyak 150 orang berasal dari anggota legislatif DPR/MPR, TNI dan TNI AL, Polri, Departemen/Birokrat, Pengamat Militer, LSM, Purnawirawan (BKPAL) serta Mahasiswa.(sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Antara (13) Anti Teror (20) Asia (27) Berita (48) Eropa (5) Feature (10) Indonesia (55) Industri Pertahanan (47) Intelijen (9) Kerja Sama (91) Konflik (42) Latihan Perang (48) Luar Negeri (43) Militer (101) Pameran Teknologi (30) PBB (44) Perang (4) Pertahanan (155) Polisi (5) Politik (62) Serah Terima Jabatan (1) Teknologi (91) Timur Tengah (6) TNI (105) TNI-AD (46) TNI-AL (140) TNI-AU (83) tnial (3) Today's Pic (7) US Army (2) War (2)
Diberdayakan oleh Blogger.
Defender Magazine